Selamat Datang

Selamat Datang di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I. Blog ini adalah bagian dari kegiatan SPTN Wil I untuk memperkenalkan kegiatan, potensi serta informasi penting yang kami harapkan dapat digunakan oleh pembaca untuk mengenal lebih dekat kekayaan alam yang terdapat di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Tentangku

SPTN Wilayah 1
Lihat profil lengkapku

Pengunjung

Flora dan Fauna

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from sptn1. Make your own badge here.
RSS

Profil Desa Tompobulu



Desa Tompobulu adalah desa pertama di Kab. Pangkep yang memproklamirkan desanya sebagai desa religius. Sistem sosial islami dapat terlihat dari pemakaian jilbab/kerudung yang diwajibkan bagi setiap kaum wanita baik orang tua, dewasa maupun anak-anak serta pelarangan peredaran minuman keras dan judi. Begitupun ketika akan melaksankan pernikahan diwajibkan dilaksanakan setiap hari Jum’at. Sebagai desa Madani tidak hanya indah, rapi, asri, sejuk dan aman dengan predikat juara II di tingkat nasional pada tahun 2006 dalam lomba desa , tetapi lebih dari itu hukum adat masih dipegang teguh masyarakat.

Tompobulu memiliki aturan tersendiri dalam menjaga dan melestarikan alam. Aturan ini dikeluarkan oleh Kepala Desa Tompo Bulu dalam bentuk SK. Nomor 01 Tahun 2006 yang isinya antara lain setiap laki-laki yang mau kawin harus menanam pohon kayu-kayuan 10 pohon sebelum ditandatangani izin kawinnya, setiap bayi yang baru lahir orangtuanya harus menanam pohon kayu-kayuan sebanyak 5 pohon.

Seluruh sekolah SD diharuskan dalam mata pelajaran Muatan Lokal tentang pelestarian hutan, Pemanfaatan kayu milik masyarakat yang telah mendapat izin setiap satu pohon tebangan diharuskan menanam kembali lima pohon tanaman.

Di desa ini, masyarakat masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Budaya gotong royong masih melekat erat di kehidupan masyarakatnya terutama pada saat perbaikan jalan desa, pembuatan saluran air, pembangunan rumah, tempat ibadah, dll. Serta berbagai kegiatan budaya “ Tudung Sipulung” yang berkaitan dengan aktifitas pertanian mulai dari penetapan awal turun ke sawah sampai dengan panen (“Mappadendang”).

Asal kata Tompo Bulu
Desa Tompobulu secara harfiah berasal dari kata Tompo (Puncak) dan Bulu (Gunung) adalah sebuah kawasan desa yang memiliki keunikan morfologi kawasan bukit-bukit karst menara (tower karst). Selain itu, kawasan ini juga dicirikan dengan keberadaan bukit-bukit sisa (remnant hills) yang terbentuk akibat pelarutan dan perbedaan jenis batuan penyusunnya. Kawasan ini berada di ketinggian ± 700 m dpl dengan titik koordinat E 119 o 46 ‘ 02,4“ S 04 o 55 ‘ 36,9 “.

Dengan keunikan kawasan bukit-bukit karst menara (tower karst) memberikan nilai penting terhadap keberadaan ekosistem karst di kawasan tersebut yang dicirikan dengan keberadaan dan keunikan flora dan fauna. Kondisi hutan yang masih alami dengan hijaunya pepohonan, kesejukannya serta panorama alam pengunungan menambah nilai eksotik dari Desa Tompobulu.


Letak Geografis

Desa Tompobulu adalah salah satu dari lima desa yang berada di Kec. Balocci Kab. Pangkep. Kelima desa tersebut adalah Kassi, Tonasa, Balocci Baru, Balleangin, dan Tompobulu. Desa Tompobulu berpenduduk 1.741 jiwa dengan luas wilayah 57,52 km2. Secara administrasi kawasan Desa Tompobulu, Kec. Balocci, Kab. Pangkep memiliki posisi administrasi berada pada batas-batas :
Utara : Desa Lanne, Kec. Tondong Tallasa, Kab. Pangkep
Timur : Desa Pattanyamang, Kec. Camba, Kab. Maros
Selatan : Desa Balleangin, Kec. Balocci, Kab. Pangkep
Barat : Desa Rompegading, Kec. Cendrana dan Kel. Leang-Leang,
Kec. Bantimurung, Kab. Maros

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar